Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Mengambil keuntungan dari Musim Kemarau : Produksi Bata Di Desa Citalang Meningkat

CITALANG – Cuaca terik menjadi keuntungan tersendiri bagi pengrajin bata di Desa Citalang, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Sebab, mereka terbantu untuk meningkatkan produksi hingga dua kali lipat. Pantauan di lokasi, tampak sejumlah pekerja mengebut pembuatan bata dengan cara tradisional.  Tanah liat dengan kondisi setengah basah itu kemudian diletakkan dalam sebuah cetakan bata. Setelah cetakan terisi, kemudian dipadatkan dengan jemari dan selanjutnya di jemur dibawah teriknya matahari. Lantas cara ini dilakukan karena biaya produksi yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan produksi bata secara modern.  ”Ya kalau cuaca terik pengeringan lebih cepat. dua atau tiga hari sudah kering, tapi kalau musim penghujan bisa sampai seminggu,’’ ujar salah satu pekerja bata tradisional. Saat musim panas, lanjutnya, produksi bisa mencapai 500 biji atau lebih per hari. Berbeda pada saat musim hujan maksimal 300 biji. ”Karena kalau cepat kering bisa lebih cepat dibakar,’’ jelas dia. beliau juga mengungkapkan bahwa akhir akhir ini peminat bata semakin berkurang sehingga mereka lebih memilih memproduksi bata secara manual atau tradisional karena kurangnya modal, walaupun cenderung lebih sulit tetapi masih bisa terbantu oleh cuaca yang terik.

Warga Desa Citalang Mulai Memasok Air Bersih Sebagai Dampak Kemarau Panjang

Akibat kekeringan ini, sejumlah Kepala Keluarga di Desa Citalang nyaris tak mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari - hari. Dampak paling parah dirasakan warga dua pekan terakhir. Warga yang tinggal di daerah ini, nyaris tak mendapatkan air bersih lantaran sumur - sumur milik warga di desa ini mengering. Akibat nya sejumlah warga desa di wilayah Desa Citalang Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta Jawa Barat mulai memasok kebutuhan air bersih dari luar desa. Pasokan air berasal dari luar desa yang dibeli oleh warga setempat dengan kisaran harga 60 ribu rupiah per galonnya. 1 galonnya berisikan 1000 liter yang cukup untuk di alirkan ke sumur yang sudah mulai mengering. Salah satu warga Desa Citalang mengatakan kekeringan terjadi sejak satu bulan terakhir, serta sumur sumur yang memiliki kedalaman kurang dari 5 meter tidak bisa lagi mengeluarkan air, dan sumur sumur yang bisa mengeluarkan air hanya yang memiliki kedalaman 20 meter keatas. Ia bersama masyarakat berharap kedepannya ada bantuan terus agar masyarakat tidak kekurangan air. “Khususnya untuk masak, cuci dan mandi. kalau untuk minum masyarakat sudah bisa memenuhi dengan isi ulang,” ungkapnya.

Terus Berperan Aktif dalam Mengabdi Pada Masyarakat, Praja IPDN membantu dalam Kegiatan Di Posyandu

Pada hari Kamis, 7 September 2023 Praja IPDN yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja(BKP) terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan Posyandu. Mereka telah terlibat dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di wilayah sekitar Desa Citalang.   Praja IPDN aktif berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu setempat dengan ikut membantu dalam mengukur tinggi hingga berat badan anak dan balita secara sukarela kepada masyarakat di Posyandu.  Keterlibatan aktif mahasiswa dalam kegiatan Posyandu ini merupakan contoh nyata bagaimana kolaborasi antara Kampus IPDN dan masyarakat dapat membawa manfaat besar bagi kesehatan dan pendidikan masyarakat setempat. Dalam kegiatan Posyandu tersebut, berbagai pelayanan kesehatan diberikan kepada masyarakat. Sehingga melalui pelaksanaan Posyandu ini diharapkan dapat mendukung terciptanya kesehatan masyarakat yang berkelanjutan. Dalam kegiatan kali ini, sejumlah Balita yang hadir diberikan makanan tambahan (PMT) berupa sayur, telur, lauk, dan buah-buahan. Selain itu, dilakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala guna mencegah stunting. “Kegiatan Posyandu ini berlangsung setiap bulan sekali,” ucap petugas Posyandu. Program ini merupakan inisiatif dari pemerintah Desa Citalang dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan Posyandu ini, diharapkan anak-anak balita dan lansia di Desa Citalang dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan informasi penting seputar kesehatan keluarga. Hal ini juga memberikan pengalaman berharga bagi para Praja dalam menerapkan salah satu fungsi yakni mengabdi kepada masyarakat secara nyata serta mengembangkan rasa tanggung jawab sosial.

9 Praja IPDN Yang Melaksanakan BHAKTI KARYA PRAJA Disambut Baik Oleh Pemerintah Desa Citalang

Desa Citalang, Kabupaten Purwakarta - Pada Rabu, 6 September 2023 9 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang tengah melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) di Kantor Desa Citalang Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat disambut dengan baik oleh Perangkat Desa setempat. Bhakti Karya Praja (BKP) ini merupakan kegiatan wajib bagi Praja tingkat akhir yang dilaksanakan pada saat semester Tujuh (7) guna mewujudkan visi dari perguruan tinggi yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat.   Kepada Desa Citalang Bapak H. Tolib beserta perangkat desa lainnya menyambut dengan hangat Praja IPDN di ruang rapat kantor Desa Citalang. Penyambutan dilakukan dengan penyampaian kesediaan Pemerintahan Desa Citalang untuk mendampingi dan membantu keberlangsungan kegiatan BKP di Desa Citalang. Dari perwakilan Praja juga memberikan sambutan yang diwakili oleh Ketua Kelompok berupa maksud dan tujuan dari Bhakti Karya Praja (BKP) yaitu membantu pemerintahan daerah dan mendorong Praja meningkatkan kemampuan dan keterampilan Praja dalam mencermati dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah desa Citalang dan masyarakatnya. Praja juga ditugaskan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan database desa melalui WEBDESAKU untuk percepatan pembangunan desa di Kabupaten Purwakarta salah satunya desa Citalang. Kegiatan Bhakti Karya Praja ini akan berlangsung selama 14 hari mulai dari tanggal 5 hingga 18 September 2023.   Adapun 9 Orang Praja IPDN yang bertugas di Desa Citalang ini merupakan perwakilan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang memiliki latar belakang suku, agama, dan ras yang berbeda-beda mulai dari Sabang sampai Merauke.   Kegiatan penyambutan diakhiri dengan sesi foto bersama antara Praja IPDN dengan Pemerintah Desa Citalang.Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi yang baik antara Praja IPDN dengan seluruh perangkat Desa Citalang sehingga dapat berkolaborasi bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikan dan membangun Desa Citalang menjadi lebih baik.

Dari Kita Untuk Desa : Optimalisasi WebDesaku Dengan Pelatihan Jurnalistik

Purwakarta : Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi semua Operatos Desa, Senin (09/08/2022) yang berlokasi di Bale Mayadatar Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. Hal ini mendapat apresiasi dari seluruh peserta yang hadir pada saat pelatihan,karena diisi oleh pemateri yang luar biasa yaitu Pak Adi Kurniawan Tarigan atau yang akrab disapa dengan nama pak Tarigan. Menurut Pak Tarigan yang harus digaris bawahi, dan tentunya menjadi pedoman ketika kita ingin membuat sebuah berita adalah 5W + 1H, karena ini menjadi pedoman Dunia. "What, Who, Why, When, Where dan How menjadi pedoman dunia ketika kita ingin membuat suatu berita, dan dalam penulisannya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi berita yang kita buat, jelasnya" beliau juga menjelaskan tentang tata cara penulisan judul, isi serta penulisan daerah, nama dan gelar pada tulisan sesuai pedoman saat ini.